Akibat Kurang Ilmu

es timunMengenang masa-masa kecil sangatlah menyenangkan. Masa-masa penuh kepolosan yang takkan mungkin terulang lagi.

Diantara kenang-kenangan yang terukir adalah kenang-kenangan dalam menjalani bulan puasa atau bulan Ramadhan.


Diantara sekian banyak kenang-kenangan Ramadhan masa kecilku, untuk yang satu ini, kategori yang tepat mungkin adalah yang paling konyol. Bagaimana ceritamya sampai dibilang paling konyol ?.

Begini ceritanya...

Suatu sore hari di bulan Ramadhan, usai bangun dari tidur siang aku melangkahkan kaki menuju kamar mandi untuk mencuci muka.

Ketika melewati ruang makan, di meja makan sudah tersusun aneka hidangan dan yang paling menggembirakan, diantara aneka hidangan itu, dalam sebuah panci plastik, ada minuman segar kegemaranku yaitu Es Timun. Entah kenapa, tanpa pikir panjang lagi, aku segera mengambil sebuah gelas dan menyendok es timun itu dan langsung menyeruputnya.

Saat tengah enak-enaknya menikmati kesegaran es timun itu, tiba-tiba dari dari belakang ibuku datang dan langsung berkata setengah membentak,

"Hei...!!, ngapain kamu minum es itu ?!. Memangnya kamu tidak puasa ?."

Seketika aku terbengong-bengong dan baru ingat bahwa saat itu aku sedang berpuasa.

"Waduuh, mak... aku benar-benar lupa lagi puasa. Bagaimana ini ?," ratapku.

"Ya, sudah... kalau kamu lupa, tidak apa-apa. Tapi kamu muntahkan saja lagi es timun yang kamu minum tadi," kata ibuku.

Maka pergilah aku ke kamar mandi dan berusaha memuntahkan es timun yang aku minum dengan cara mengorek-ngorek kerongkonganku.

Demikianlah hal itu terjadi dan peristiwa itu teringat kembali olehku ketika beberapa hari kemudian, dalam sebuah acara pengajian Minggu pagi, guru ngaji kami, ustadz Sulaiman atau yang biasa kami panggil ustadz Leman, menerangkan tentang hal-hal yang dapat membatalkan puasa.

"Jadi... ade beberape hal yang bise ngebatalin puase. Yang jelas... makan ame minum ntu udah pasti ngebatalin puase. Trus... muntah yang disengaje, artinye muntah yang emang diniatin buat ngebatalin puase. Misalnye sengaje ngorek-ngorek kerongkongan biar muntah. Tapi kalo muntahnye enggak sengaje, kagak ngebatalin puase," terang ustadz Leman.

Saat itu juga aku langsung teringat kepada kasus "Tragedi Es Timun" yang menimpaku beberapa hari sebelumnya. Akupun mengangkat tangan untuk bertanya.

"Ustadz, aye mau nanye, neh..," kataku.

"Yaa, elu mau nanye ape ?," jawab ustadz Leman sambil balik bertanya.

Akupun menceritakan kasus "Tragedi Es Timun" yang menimpaku kepada ustadz Leman, sekaligus meminta fatwanya. Usai mendengar ceritaku, Ustadz Leman tampak sedikit terdiam sambil menggeleng-gelengkan kepalanya.

Sambil mendesah prihatin dan terus menggeleng-gelengkan kepalanya, ustadz Leman menjawab pertanyaanku.

"Begini ini, nih... akibatnye, kalo yang kecil kagak tahu ape-ape, tapi yang tue malah kurang ilmu. Ujung-ujungnye malah jadi ngaco."

"Begini... biar ustadz jelasin ame elu, juge pelajaran buat yang laennya. Kalo elu nggak sengaje minum es timun itu gare-gare emang bener-bener lupe kalo elu lagi puase, hukumnye kagak kenape-nape, atawe puase lu kagak batal. Tapiii... dengan catetan, elu langsung brenti minum begitu diingetin ame emak lu, bukannye malah minte tambah."

"Tapi dalem urusan elu ini, ade hal yang malah bikin ngaco. Yaitu waktu emak lu justru nyuruh elu muntahin lagi es timun yang elu minum. Trus... elu muntahin ntu es timun dengan care ngorek-ngorek kerongkongan lu, bener begitu ?," tanya ustadz Leman.

"Bener, tadz...," jawabku.

"Naaah.... disini die ngaconya. Penjelasannye begini. Waktu elu nggak sengaje minum es timun, trus brenti... puase lu kagak batal. Tapi gare-gare elu disuruh emak lu muntahin es timun itu, puase lu malah jadi batal. sebab muntahnye elu, ntu... muntah yang disengaje. Ngerti lu ?."

"Ngerti, tadz. Jadi puase aye batal, dong... tadz ?."

"Kalo saklek ngikutin hukum sebab-sebab yang ngebatalin puase, jelas puase lu hari tu batal. Tapi mungkin ade keringanan. Pertame, mengingat elu blom akil baligh, jadi buat lu blom ditetapkan kewajiban berpuase. Puase lu selama ini bise dianggap latihan aje. Trus kedue, kasus ni terjadi akibat ketidak tahuan. Baek elu, juge emak lu same-same kurang ilmu."

"Makenye... pulang dari sini, elu sampe'in pesen ustadz. Bilang ame emak lu : "Ustadz Leman pesen kalo emak musti rajin ikut pengajian ibu-ibu. Jangan sekali dateng, lima kali absen. kalo gitu... kapan nambahnye ilmu agame emak"."

"Baek, tadz... entar aye sampe'in."

"Iyee, sampe'in. Jangan ampe lupe."

Demikianlah salah satu diantara sekian banyak kenang-kenangan Ramadhan masa kecilku yang paling berkesan. Peristiwa ini terus terngiang-ngiang dalam ingatanku, bahkan terbawa hingga aku dewasa dan menjadi pelajaran bagiku ketika aku sudah menjadi orang tua, bahwa betapa pentingnya memperbanyak dan memperdalam ilmu agama, agar kita dapat membimbing anak-anak kita dalam masalah-masalah agama dengan arahan yang baik dan tepat agar terhindar dari kekeliruan yang mungkin tidak kita sengaja akibat kurangnya ilmu.

Maaf, hanya komentar relevan yang akan ditampilkan. Komentar sampah atau link judi online atau iklan ilegal akan kami blokir/hapus.

Posting Komentar

0Komentar